Cek coverage daerahmu sekarang!

Mengenal Chatgpt dan Cara Memakainya

Chatgpt
Source: Fiberstream
Daftar isi
Merasa Konten Kami Bermanfaat? Jangan Lupa Share ke Temanmu.
WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram

Perkembangam kecerdasan buatan (AI) semakin pesat, salah satunya bermunculan aplikasi yang bisa membantu pekerjaan jadi jauh lebih mudah. Beberapa aplikasi yang saat ini sedang diganrungi yaitu chatbot, character AI hingga chatgpt.

Chatgpt sendiri merupakan aplikasi AI yang tidak hanya sekedar alat komunikasi. Aplikasi ini bisa menjadi teman diskuisi, brainstorming ide kreatif hingga menjadi mentor daalam belajar dengan cara berinteraksi langsung layaknya chatting.

Untuk bisa melakukannya, anda membutuhkan koneksi internet yang stabil seperti layanan internet dari Fiberstream. Yuk cari tahu lapa itu chatgpt dan apa saja manfaatnya untuk pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.

Sejarah dan Perkembangan Chatgpt

aplikasi komunikasi dari OpenAI
Source: Fiberstream

Sam Altman adalah CEO OpenAI yang merupakan organisasi di balik aplikasi ini. Pertama kali Sam Altman membuat inovasi dalam versi GPT-3. Kemudian aplikasi ini bisa diterima dengan baik oleh banyak orang karena kemampuannya yang merespon sesuai konteks.

Chatgpt semakin berkembang ke level yang lebih tinggi dengan mengeluarkan versi GPT-4 dimana fiturnya dalam berinteraksi lebih manusiawi dengan pengumpulan data yang lebih relevan dan up to date.

Aplikasi ini bekerja dengan cara menganalisis bahasa manusia menggunakan algoritma machine learning yang canggih. Kemudian setiap pertanyaan yang dilemparkan akan menghasilkan jawaban yang informatif dan relevan.

Cara Menggunakan Chatgpt

Chatgpt
Source: Fiberstream

Ada dua versi yang diluncurkan oleh OpenAI untuk aplikasi ini yaitu versi GPT 3.5 dan GPT 4.0. Berikut cara menggunakan Chatgpt:

  • Pertama buka situs chat.openai.com melalui komputer ataupun smartphone anda.
  • Kemudian buat akun OpenAI dengan cara menghubungkan dengan email aktif. Bisa menghubungkan dengan email Google, Microsoft ataupun email lainnya.
  • Lakukan verifikasi akun dengan memasukan nomor telepon yang aktif dan belum digunakan sama sekali untuk mendaftar.
  • Kemudian klik Next dan Done jika anda menyetujui syarat dan ketentuan yang diajukan oleh Open AI.
  • Masukan perintah di kolom Mesaage dan tunggu beberapa saat maka aplikasi akan merespon sesuai perintah yang anda masukan.

Versi 3.5 bisa dikakses secara gratis sesuai keinginan anda. Namun yang harus diingat, versi gratis ini ada keterbatasan data yang dikumpulkan. Untuk versi ini data yang dikumpulkan hanya sampai November 2022.

Berbeda dengan versi 4.0 yang lebih up to date. Selain karena berbayar yaitu $20, versi premium ini memiliki fitur yang juah lebih banyak dibandingkan versi gratis.

Anda bisa mengupload sebuah dokumen untuk dianalisis, memberikan url website agar aplikasi searching secara realtime dan masih banyak lagi. Hal menarik lainnya di versi premium ini anda bisa langsung terhubung dengan beberapa plugin yang telah disediakan seperti Dall-E, Data Analysis dll.

Misalnya anda memberikan perintah untuk membuat sebuah gambar yang realistis. Maka chatgpt akan men generate langsung gambar dari plugin Dall-E sesuai perintah yang kamu berikan sebelumnya.

Manfaat dan Kegunaan Chatgpt

Chatgpt
Source: Fiberstream

Ada banyak manfaat aplikasi ini di dalam berbagai bidang pekerjaan. Misalnya di industri kreatif dimana aplikasi ini bisa membantu untuk mencari ide menulis atau desain. Kemampuannya menghasilkan teks dan saran desain akan memperkaya proses kreatif dan memberikan insight baru.

Dalam dunia Pendidikan, Chatgpt hadir sebagai asisten belajar yang interaktif. Kemampuan aplikasi ini menjawab pertanyaan, menjelaskan, dan menyediakan bantuan dari banyak bidang. Dengan kemampuannya yang terus berkembang dalam mengajar dan mendukung pembelajaran interaktif, ChatGPT dapat membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan efektif bagi siswa di seluruh dunia.

Pada dunia digital marketing, aplikasi ini mampu menawarkan kemampuan untuk mengoptimalkan konten sebuah website. Ia bisa memberikan saran akra kunci dan pembuatan konten yang menarik sehingga meningkatkan visibilitas online sebuah web atau brand.

Tidak hanya itu, aplikasi ini bahkan bisa memberikan solusi di bidang customer service. Respon yang cepat dalam menjawab setiap pertanyaan akan mengurangi waktu tunggu dan tentunya meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Potensi Chatgpt di Masa Depan

Chatgpt
Source: Fiberstream

Potensi ChatGPT di masa depan sangatlah menjanjikan dan menarik. Aplikasi ini akan terus berkembang untuk lebih fokus pada peningkatan interaksi dengan pengguna dan adaptasi yang lebih baik terhadap kebutuhan spesifik mereka. Tidak hanya sekedar membantu memecahkan masalah sederhana, tetapi ChatGPT diharapkan dapat memberikan inovasi yang jauh lebih besar dan lebih kompleks.

Salah satu potensi besar dari ChatGPT adalah kemampuannya untuk menjadi mitra dalam penelitian dan pengembangan di berbagai bidang. Misalnya, dalam dunia ilmu pengetahuan dapat digunakan untuk menghasilkan hipotesis baru, menganalisis data, dan bahkan melakukan eksperimen virtual, membantu ilmuwan mencapai penemuan-penemuan yang lebih besar.

Selain itu dalam dunia bisnis aplikasi ini bisa membantu mengoptimasi tugas turin hingga mempercepat proses pengambilan keputusan. Hal ini akan membantu Perusahaan atau bisnis owner untuk menghemat sumber daya serta meningkatkan efisiensi operasional.

Itulah kira-kira manfaat, cara memakai hingga fitur yang ada di Chatgpt. Munculnya teknologi ini bukanlah ancaman untuk anda semua. Namun justru bisa mempermudah pekerjaan dan meningkatkan efektifitas dalam berbagai hal. 

Bisa digunakan sebagai area banner promo dari layanan Fiberstream. ukuran rekomendasi square 200×200, 250×250, 300×250 atau 300×600.

Baca Juga

Lyto, Pioner Industri Game Online di Indonesia

Nvidia Studio Aplikasi untuk Gamer dan Industri Kreatif

5 Game Online Gratis Android Terbaik yang Wajib Dicoba

Mengenal VPN dan Manfaatnya untuk Privasi Online

Mengenal Chatgpt dan Cara Memakainya

Artikel Terkait
Lyto

Lyto, Pioner Industri Game Online di Indonesia

Andi Suryanto merupakan pendiri perusahaan Lyto yang menjadi...
Nvidia Studio

Nvidia Studio Aplikasi untuk Gamer dan Industri Kreatif

Nvidia Studio mendorong batas kreativitas terutama di industri...
Game online gratis android

5 Game Online Gratis Android Terbaik yang Wajib Dicoba

Perkembangan industri game terutama untuk mobile semakin pesat....
apa itu VPN

Mengenal VPN dan Manfaatnya untuk Privasi Online

Perkembangan dunia digital yang serba terhubung satu sama lain...
Chatgpt

Mengenal Chatgpt dan Cara Memakainya

Perkembangam kecerdasan buatan (AI) semakin pesat, salah satunya...
character AI

Cara Menggunakan Character AI dan Fiturnya

Sejak teknologi internet semakin berkembang dan kecepatannya...

Permata Virtual Account

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran menggunakan Permata Virtual Account

Akulaku Paylater

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran melalui Akulaku Paylater

Indomaret

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran melalui Indomaret

Alfa Group

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran melalui Alfamart

GoPay

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran menggunakan GoPay

Shopee Pay

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran menggunakan Shopee Pay

Pos Indonesia

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran melalui Pos Indonesia

Mandiri Virtual Account

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran menggunakan Mandiri virtual Account

BNI Virtual Account

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran menggunakan BNI virtual Account

BRI Virtual Account

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran menggunakan BRI virtual Account

BCA Virtual Account

Cara pembayaran

Cara mudah melakukan pembayaran menggunakan BCA virtual Account